Langsung ke konten utama

MACAM-MACAM MICROSOFT OFFICE DAN FUNGSINYA

Buat kawan-kawan yang belum tahu fungsi dan pengertian macam-macam Microsoft Office, hanya tau Ms. Word, Excel dan ppt saja mungkin wajib tahu pengertian dan fungsinya dibawah ini. Mengapa? Karena Microsoft office ini akan sangat sering kita gunakan di dunia perkuliahan (pendidikan) ataupun dunia kerja. Lets Check This out!


1. Microsoft Word
Microsoft Word atau Ms Office Word merupakan perangkat lunak atau program pengolah kata andalah Microsoft. Program ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1983 sebagai Multi Tool Word untuk Xenix. Selanjutnya beberapa versi lain juga dikembangkan untuk digunakan di sistem operasi lainnya. Setelah jadi bagian Ms Office System 2003 dan 2007, program ini dinamai dengan Ms Office Word. Sementara itu di Ms Office 2013, namanya menjadi Word.

2. Microsoft Excel
Ini adalah program aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk Ms Windows dan Mac OS. Program pengolah angka ini dilengkapi fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sesuai dengan strategi marketing Microsoft. Hal ini membuat Ms Excel sebagai salah satu program komputer yang banyak digunakan untuk komputer mikro sampai saat ini. Saat ini, bahkan program ini menjadi program spreadsheet yang paling banyak dicari oleh banyak pihak.

3. Microsoft Powerpoint
Power Point adalah aplikasi presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft dalam paket aplikasi kantoran mereka. Power Point berjalan di komputer PC berbasis Microsoft Windows dan Apple Macintosh. Walaupun aplikasi ini awalnya berjalan dengan sistem operasi Xenix, Power Point banyak digunakan di kalangan pebisnis dan kantoran, siswa, pendidik, dan trainer. Versi Power Point terbaru adalah versi 15 yakni Ms Office Power Point 2013.

4. Microsoft Outlook
Ini adalah bagian dari suite Ms Office. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk membaca dan mengirimkan surel. Ms Outlook juga dilengkapi dengan fungsi jadwal kerja, kalender, jurnal, dan catatan. Jika digunakan bersama Microsoft Exchange Server, aplikasi ini dapat memberikan akses kalender, surat, dan jadwal secara bersamaan.

5. Microsoft Access
Ini adalah program aplikasi berbasis data komputer relasional untuk skala rumahan dan perusahaan mikro sampai menengah. Aplikasi ini adalah mesin basis data Ms Jet Database Engine dan menggunakan tampilan grafis intuitif sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

6. Microsoft Info Path
Program aplikasi ini digunakan untuk membuat formulir pemasukan data dengan basis XML. Info Path pertama kali dirilis sebagai bagian Ms Office System 2003 dan saat ini merupakan bagian Ms Office System 2007. Saat dikembangkan, InfoPath mempunyai nama kode XDocs dan menyediakan fitur – fitur seperti membuat dan menampilkan dokumen XML yang didukung skema XML. Info Path juga dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan terhubung dengan sistem eksternal menggunakan XML Web Services lewat MSXML dan SOAP Toolkit.

7. Microsoft Lync
Ini adalah aplikasi Microsoft yang sebelumnya dinamai dengan Office Communicator 2007 R2. Aplikasi ini dikeluarkan pada tahun 2011 dan saat ini sudah hadir dalam paket Ms Office 2013. Sebenarnya Lync mempunyai banyak fungsi. Tetapi bagi kebanyakan pengguna, Lync merupakan instant messenger seperti MSN Messenger dan Google Talk, Skype, dan Yahoo Messenger.

8. Microsoft One Note
Aplikasi ini sesuai dengan namanya dapat digunakan sebagai kertas catatan di mana Anda dapat menggambar, menulis, mencorat coret, memasukkan objek, dan menampilkan screenshot.

9. Microsoft Visio Project
Ini adalah program aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat diagram, flowchart, skema jaringan, dan brainstorm. Aplikasi ini memanfaatkan grafik vektor untuk membuat diagram.




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

KENALI APA SAJA YANG ADA DI MS. WORD

Workspace = Workspace adalah bagian yang menampilkan tulisan yang dibuat dan yang akan di print. Workspace lebih dikenal dengan sebutan lembar kerja. Ribbon = Ribbon adalah bagian yang memuat menu-menu utama Microsoft Word berisi tombol-tombol perintah dengan fungsinya. Ribbon Microsoft Word umumnya memuat 9 menu utama yaitu: >Menu File Menu File merupakan menu yang berisi tombol perintah manajemen file. >Menu Home Menu Home merupakan menu yang berisi tombol perintah dasar pengeditan dokumen seperti font, margin, perataan, dan lainnya. >Menu Insert Menu Insert merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk menyisipkan data baik foto, video, dan lainnya. >Menu Design Menu Design merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk melakukan desain lembar kerja, seperti border atau bingkai dan lainnya. >Menu Layout Menu Layout merupakan menu yang berisi tombol perintah untuk mengatur format kertas dan tulisan, seperti ukuran kertas, kolom, dan lainnya. >Me

CARA MENGETIK MENGGUNAKAN 10 JARI

Hai kawan, disini saya akan membagikan tips & trick bagaimana cara mengetik menggunakan 10 jari agar cepat lancar. Manfaatnya apa sih? Manfaatnya yang pertama kita tidak perlu melihat keyboard lagi ketika mengetik di laptop/komputer, kedua kita dapat mengurangi waktu ketika mengetik yang mungkin menurut beberapa orang membosankan, ketiga bisa untuk dijadikan portopolio kelebihan kita untuk memasuki dunia kerja ataupun perkuliahan. Yuk! Langsung aja ke isi dari artikel ini. 1. INGAT! KUNCI MENGETIK 10 JARI ADA DI HURUF F & J     Buka Keyboard kamu! sekarang raba pada huruf F dan J, sudah? kamu akan menemukan benjolan kecil pada 2 huruf tersebut. 2 huruf tersebut merupakan patokan dalam mengetik 10 jari. Letakkan telunjuk tangan kanan pada huruf F  dan telunjuk tangan kiri kalian pada huruf J. 2. RED ZONE (JARI TELUNJUK)     Jari telunjuk kanan berfungsi untuk : Y, U, H, J, N, M, 6, 7       Jari telunjuk kiri berfungsi untuk : R, T, F, G, V, B, 4, 5 * lihat petunjuk p